Rabu, 23 Januari 2013

PAPUA (kelahiranku)

Papua

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.

Provinsi Papua
Papua COA.svg
Cogan kata: Karya Swadaya
IndonesiaPapua.png
Ibu kota Jayapura
Gabenor Barnabas Suebu
Keluasan 421,981 km2 (162,928 batu²)
Bil. penduduk 1,994,531  (2005)
Kepadatan 4.7 /km2 (12 /sq mi)
Kelompok etnik Orang asli: Melanesia (termasuk Aitinyo, Aefak, Asmat, Agast, Dani, Ayamaru, Mandaca Biak, Serui)
Bukan orang asli: Orang Jawa, Bugis, Orang Batak, Orang Minahasa, Orang Cina Han.)
Agama Protestan (51.2%), Roman Katolik (25.42%), Islam (23%), lain-lain (2.5%)
Bahasa Bahasa Indonesia (rasmi), 269 [1] Bahasa bumiputera: Bahasa Papua dan Bahasa Austronesia
Zon waktu WIT (UTC+9)
Laman http://www.papua.go.id/
Papua ialah sebuah daerah daftar kata indonesia ialah (Provinsi) di Indonesia yang terletak di bahagian barat kepulauan New Guinea dan pulau-pulau di sekitarnya.
Papua kadangkala dipanggil sebagai Papua Barat karena Papua boleh dirujuk kepada seluruh kepulauan New Guinea atau bahagian selatan negara jirannya, Papua New Guinea. Papua Barat ialah sebutan yang lebih disukai oleh para nasionalis yang ingin memisahkan Papua daripada Indonesia dan membentuk negara sendiri. Daerah (Provinsi) ini dahulu dikenali dengan panggilan Irian Barat sejak tahun 1969 hingga 1973, namanya kemudian ditukarkan menjadi Irian Jaya oleh Suharto, nama yang tetap digunakan secara rasmi hingga tahun 2002. Nama daerah (provinsi) ini diganti menjadi Papua sesuai dengan UU No 21/2001 Autonomi Khusus Papua. Pada masa era penjajahannya, wilayah ini disebut New Guinea Belanda (Dutch New Guinea).
Papua merupakan daerah (provinsi) yang terletak di wilayah paling timur negara Republik Indonesia dan merupakan daerah yang penuh harapan. Daerahnya belum banyak diterokai oleh aktiviti manusia dan Papua kaya dengan sumber alam yang menjanjikan peluang untuk berniaga dan berkembang. Tanahnya yang luas dipenuhi oleh hutan, laut dan pelbagai biotanya dan berjuta-juta tanahnya yang sesuai untuk pertanian. Dalam perut buminya juga menyimpan gas asli, minyak dan pelbagai bahan galian yang hanya menunggu untuk diterokai. Papua terbagi menjadi : Papua Timur yang beribukota di Merauke, Papua Tengah ibukotanya masih terkendala entah Biak Numfor atau Timika, Papua yang beribukota di Jayapura dan Papua Barat yang beribukota di Manokwari.

Sosial Budaya

Pada daerah-daerah Papua yang bervariasi topografinya terdapat ratusan kelompok etnik dengan budaya dan adat istiadat yang saling berbeza. Dengan mengacu pada perbezaan topografi dan adat istiadatnya maka secara amnya, penduduk Papua dapat di bezakan menjadi 3 kelompok besar yaitu:
  • Penduduk daerah pantai dan kepulauan dengan ciri-ciri umum, rumah diatas tiang (rumah panggung), mata pencaharian menokok sagu dan menangkap ikan.
  • Penduduk daerah pedalaman yang hidup pada daerah sungai, rawa, danau dan lembah serta kaki gunung. Pada umumnya bermata pencaharian menangkap ikan, berburu dan mengumpulkan hasil hutan.
  • Penduduk daerah dataran tinggi dengan mata pencaharian berkebun beternak secara sederhana.
Pada umumnya masyarakat Papua hidup dalam sistem kekerabatan yang menganut garis ayah atau patrilinea.

Rumahku kebetulan berdekatan dengan danau sentani, tepatnya di BTN.Bumi Harapan Indah Sentani Jalur 1 No.32 setiap tahunnya diadakan, seperti :

Festival Danau Sentani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Tarian adat di atas perahu dalam Festival Danau Sentani

Festival Danau Sentani adalah festival pariwisata tahunan yang diadakan di sekitar Danau Sentani. Festival ini diselenggarakan sejak 2007 dan telah menjadi festival tahunan dan masuk dalam kalendar pariwisata utama. FDS ini banyak diikuti oleh turis Belanda maupun turis lokal. Festival Danau Sentani diadakan pada pertengahan bulan Juni tiap tahunnya selama lima hari berturut. Festival ini diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua.
Karnaval Festival Danau Sentani diikuti seluruh paguyuban di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Dari masing-masing paguyuban baik dari luar Papua maupun di Papua sendiri yang turut serta dalam pagelaran tersebut menampilkan budaya tradisional, tari-tarian tradisional yang diiringi lagu daerah.

Festival ini adalah bukti pemeliharaan persatuan dan kesatuan di antara sesama suku, ras, agama. Nasionalime yang sangat kental terjalin di antara sesama, mengingat di Papua terdiri dari ratusan suku-suku kecil yang terkadang gampang bentrok.
Tiga agenda pokok FDS, selain karnaval nusantara di antaranya adalah pagelaran budaya, pameran barang seni papua, dan tour wisata.
sumber gambar : http://www.sentanilakefestival.com/

Makanan Khas Papua

 Aunu Senebre
Makanan khas Papua ini  mudah ditemukan di Papua. makanan ini adalah olahan dari ikan teri nasi yang digoreng, lalu dicampur dengan daun talas dan kelapa lalu proses terakhirnya dikukus. sangat gurih dan lezat_!!



<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<table border='0'><tbody><tr>
    <td><a href="https://twitter.com/share" class="twitter-share-button" data-count="horizontal" data-via="https://twitter.com/EJoe25">Tweet</a><script type="text/javascript" src="//platform.twitter.com/widgets.js"></script></td>
<td><iframe allowTransparency='true' expr:src='&quot;http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=&quot; + data:post.url + &quot;&amp;layout=button_count&amp;show_faces=false&amp;width=90&amp;action=like&amp;font=arial&amp;colorscheme=light&amp;height=21&quot;' frameborder='0' scrolling='no' style='border:none; overflow:hidden; width:90px; height:21px;'/></td>
<td><g:plusone expr:href='data:post.url' size='medium'/></td>
</tr></tbody></table>
    </b:if>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar