Pendekatan Eklektik
|
Wilford
A. Weber menyatakan bahwa pendekatan dengan cara menggabungkan semua aspek
terbaik dari berbagai pendekatan manajemen kelas untuk menciptakan suatu
kebulatan atau keseluruhan yang bermakna, yang secara filosofis, teoritis, dan
atau fisikologis dinilai benar, yang bagi merupakan sumber pemilihan perilaku
pengelolaan tertentu yang sesuai dengan situasi disebut pendekatan Eklektik
(Wilford A. Weber, 1986).
Dalam arti,
tidak ada salah satu pendekatan yang cocok untuk semua masalah dan semua
kondisi. Setiap pendekatan mempunyai tujuan dan wawasan tertentu. Dengan
demikan, guru dituntut untuk memahami berbagai pendekatan. Dengan dikuasainya
berbagai pendekatan, maka guru mempunyai banyak peluang untuk menggunakannya bahkan
dapat memadukannya. Pendekatan Elektik disebut juga dengan Pendekatan
Pluralistik, yaitu manajemen kelas yang berusaha menggunakan berbagai macam
pendekatan yang memiliki potensi untuk dapat menciptakan dan mempertahankan
suatu kondisi yang memungkinkan proses belajar mengajar berjalan efektif dan
efisien.
Dua
syarat yang perlu dikuasai oleh guru dalam menerapakan pendekatan eklektik
yaitu :
1. Menguasai
pendekatan-pendekatan manajemen kelas yang potensial, seperti pendekatan
Pengubahan Perilaku, Penciptaan Iklim Sosio-emosional, Proses Kelompok, dan
2. Dapat
memilih pendekatan yang tepat dan melaksanakan prosedur yang sesuai dengan baik
dalam masalah manajemen kelas (M. Entang dan T. Raka Joni, 1983) .
Pendekatan
ini menekankan pada potensialitas, kreatifitas, dan inisiatif wali atau guru
kelas dalam memilih berbagai pendekatan berdasarkan situasi yang dihadapinya. Kelebihan dari pendekatan ekletik ini yaitu tidak
hanya menggunakan satu pendekatan saja secara utuh, tetapi juga menggabungkan
semua aspek terbaik dari berbagai pendekatan manajemen kelas. Sedangkan kekurangan
dari pendekatan ini yaitu menjadi seorang guru dalam menerapkan satu pendekatan
tertentu cukup sulit apalagi harus memadukan unsur-unsur dari berbagai
pendekatan manajemen kelas. Simpulannya adalah bahwa kemampuan guru memilih
strategis manajemen kelas yang tepat sangat tergantung pada kemampuannya
menganalisis masalah manajemen kelas yang dihadapinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar