Minggu, 14 April 2013

PENDEKATAN EKLETIK



Pendekatan Eklektik


Wilford A. Weber menyatakan bahwa pendekatan dengan cara menggabungkan semua aspek terbaik dari berbagai pendekatan manajemen kelas untuk menciptakan suatu kebulatan atau keseluruhan yang bermakna, yang secara filosofis, teoritis, dan atau fisikologis dinilai benar, yang bagi merupakan sumber pemilihan perilaku pengelolaan tertentu yang sesuai dengan situasi disebut pendekatan Eklektik (Wilford A. Weber, 1986).
Dalam arti, tidak ada salah satu pendekatan yang cocok untuk semua masalah dan semua kondisi. Setiap pendekatan mempunyai tujuan dan wawasan tertentu. Dengan demikan, guru dituntut untuk memahami berbagai pendekatan. Dengan dikuasainya berbagai pendekatan, maka guru mempunyai banyak peluang untuk menggunakannya bahkan dapat memadukannya. Pendekatan Elektik disebut juga dengan Pendekatan Pluralistik, yaitu manajemen kelas yang berusaha menggunakan berbagai macam pendekatan yang memiliki potensi untuk dapat menciptakan dan mempertahankan suatu kondisi yang memungkinkan proses belajar mengajar berjalan efektif dan efisien.
Dua syarat yang perlu dikuasai oleh guru dalam menerapakan pendekatan eklektik yaitu :
1.    Menguasai pendekatan-pendekatan manajemen kelas yang potensial, seperti pendekatan Pengubahan Perilaku, Penciptaan Iklim Sosio-emosional, Proses Kelompok, dan
2.  Dapat memilih pendekatan yang tepat dan melaksanakan prosedur yang sesuai dengan baik dalam masalah manajemen kelas (M. Entang dan T. Raka Joni, 1983) .
Pendekatan ini menekankan pada potensialitas, kreatifitas, dan inisiatif wali atau guru kelas dalam memilih berbagai pendekatan berdasarkan situasi yang dihadapinya. Kelebihan dari pendekatan ekletik ini yaitu tidak hanya menggunakan satu pendekatan saja secara utuh, tetapi juga menggabungkan semua aspek terbaik dari berbagai pendekatan manajemen kelas. Sedangkan kekurangan dari pendekatan ini yaitu menjadi seorang guru dalam menerapkan satu pendekatan tertentu cukup sulit apalagi harus memadukan unsur-unsur dari berbagai pendekatan manajemen kelas. Simpulannya adalah bahwa kemampuan guru memilih strategis manajemen kelas yang tepat sangat tergantung pada kemampuannya menganalisis masalah manajemen kelas yang dihadapinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar